Waktu-mu

Terjemahkan or Translate

FIQH MUAMALAH JUAL BELI DIDALAM MASJID

Written By Pendekatan islam on Monday, April 8, 2013 | 2:29 PM


البيع والشراء فى المسجد
Jual beli didalam masjid



.أجازَ أبو حنيفه البيع فى المسجد و كره إحضارَ السلع وقتَ البيع فى المسجد تنزيها له . وأجازه مالكٌ و الشافعي مع الكراهة.
و منع صحَّة جوازهِ أحمدُ و حرّمه . يقول الرسول صم. "اذا رايتم من يبيع او يبتاع في المسجد فقولوا : لا اربح الله تجارتك


Abu Hanifah mensahkan penjualan di masjid dan menghukumi makruh tanzih membawa barang dijual di masjid. imam malik dan imam syafii membolehkan dengan makruh. Dan IMAM AHMAD melarang diperbolehkannya dan mengharamkannya . RASUL SAW. Bersabda. "Jika kalian melihat yang menjual atau melakukan pembelian di masjid, maka katakanlah: Tuhan membolehkan perdagangan Anda."


البيع عند ضيق , وقت المكتوبة و عند أذان الجمعةِ حرامٌ ولا يصحُّ عند احمد ١ لقول الله تعالى : في سورة الجمعة : ٩
. والنهيُ يقتضي الفسد بالنسبة للجمعة , ويقاسُ عليها غيرُها من سائر الصلوات ... 


Adapun jual beli pada waktu yang sempit pada waktu sholat lima waktu dan pada saat adzan jum’at itu adalah haram dan tidak sah menurut imam ahmad berdasarkan Firman Allah ta’ala

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli٢[1475]. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Dan melarang memerlukan kerugian untuk hari Jumat, dan diqiyaskan dengan sholat lain lain.


جواز التوليةِ والمرابحة والوضيعة : تجوزُ التولية والمرابحة والوضيعةُ و يشترطُ ان يعرِفَ كلُّ من البائع والمشتري الثمنَ الذي اشتُرِيَتْ به السلعةُ , و التوليةُ هي البيع برأس المال دونَ زيادةٍ او نقصٍ . والمرابحة هي البيع بالثمن الذي اشتُرِيت به السلعةُ مع ربحٍ معلومٍ , والوضيعة هي البيع بأقلّ من الثمن الاوّل . 

Bolehnya tauliyah dan murabahah dan wadhiah : tauliyah dan murabahah dan wadhiah itu boleh dan disyaratkan mengetahui orang yang menjual dan pembeli harga barang yang dibelinya, tauliyah ialah jual beli tanpa penambahan modal atau penurunan. Murabahah Adalah harga jual yang ia membelinya Item dengan keuntungan yang diketahui. Dan wadhiah ialah Dijual dengan harga kurang dari harga awal.


بيع المصحف و شراؤه : اتّفق الفقهاءُ على جواز شراءِ المُصْحَفِ واختلفوا في بيعه . فابأحَه الائمّةُ الثلاثة وحرّمتْه الحنابلة . وقال احمد : لا اعلم في بيع المصاحف رُخصةً . بيع بيوت مكّة وإجارتُها : أجازَه كثيرٌ من الفقهاءِ الازاعيُّ والثوريّ و مالكٌ والشفعيُّ , و قولٌ لابي حنيفة. 

Jual beli mushaf : para fuqoha telah sepakat tentang bolehnya pembelian mushaf dan perbedaan pendapat didalam menjualnya. Para imam yang tiga Membolehkannya dan hanabilah mengharamkannya.

Imam ahmad berkata : aku tidak mengetahui penjualan mushaf-mushaf secara rukhsoh. Jual beli di baitul makkah dan tijarohnya. Kebanyakan para fuqoha auzaroi, imam atsauriو imam malik dan imam syafii membolehkannya.


DAFTAR PUSTAKA 

Sabiq, Sayyid. fiqh Sunnah. ..





0 comments:

Post a Comment

silahkan Ketik Pesannya!!!

berikan pesan yang konsukrif

TESTING

BACA TERKINI

Backline Indonesia

Automatic Backlink Indonesia Web Group
 
berita unik